F. Inonasi Pembelajaran Bahasa Arab
Kehadiran dan
perkembangan teknologi yang sangat pesat telah menyebabkan terjadinya proses
perubahan dramatis dalam segala aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Kehadiran
teknologi tidak memberikan pilihan lain kepada dunia pendidikan selain turut
serta dalam memanfaatkannya. Karena pada hakikatnya, teknologi adalah solusi
bagi beragam masalah pendidikan saat ini. Kecanggihan, ketepatan serta
kecepatan dalam menyampaikan suatu informasi menjadikan teknologi menduduki
posisi penting di berbagai bidang termasuk di bidang pendidikan. Pemanfaatan
teknologi dalam pembelajaran diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran serta memperluas jaringan pendidikan dan pembelajaran karena
teknologi telah menjadikan ilmu pengetahuan lebih mudah diakses, dipublikasikan
dan disimpan. Selain itu pemanfaatan teknologi diharapkan pula dapat mengurangi
biaya pendidikan, serta memberikan sumbangsih terhadap upaya integritas ilmu
pengetahuan.
Saat ini, sistem
pendidikan yang tidak memanfaatkan teknologi akan menjadi kadaluwarsa dan
kehilangan kredibilitasnya. Namun, di sisi lain ada juga pendapat yang
menyatakan bahwa situasi ini lebih disebabkan oleh adanya konspirasi yang
mengakibatkan terjadinya ketergantungan dunia pendidikan terhadap teknologi
ini. Kedua pendapat itu tidak perlu diperdebatkan karena memiliki kesahihan
tersendiri dari perspektifnya masing-masing. Justru, yang seharusnya menjadi
perhatian adalah bagaimana dampak teknologi terhadap sistem pendidikan,
terutama sistem pembelajaran, serta bagaimana strategi pemanfaatan teknologi
dalam pembelajaran. Karena toh teknologi sudah berjalan dan sangat tidak
mungkin untuk dapat dibendung. Dalam usaha mewujudkan hal tersebut, tentu
diperlukan langkah-langkah strategis agar dapat diperoleh hasil yang optimal.
Bagi siapa pun
yang sedang melakukan pembelajaran bahasa asing pada saat ini, dengan segala
atributnya, teknologi menjadi hal yang tidak dapat dihindarkan lagi. Beragam
kemungkinan ditawarkan oleh teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
bahasa asing. Di antaranya adalah sebagai sarana peningkatan dan pengembangan
kemampuan profesional tenaga pengajar, sebagai sumber belajar dalam
pembelajaran, sebagai alat bantu interaksi pembelajaran, dan sebagai wadah
pembelajaran.
Perubahan budaya
pembelajaran bahasa asing sebagai akibat pemanfaatan teknologi sangat
bergantung pada berbagai komponen dalam sistem pendukung pembelajaran. Ada
beberapa hal yang menjadikan teknologi kurang mendapatkan tempat dalam budaya
pembelajaran bahasa asing di beberapa institusi pendidikan. Faktor yang paling
utama disebabkan karena tenaga pengajar sebagai salah satu komponen terpenting
yang sangat berperan dalam perubahan tersebut. tidak mempunyai skill yang
mencukupi di bidang ini. Oleh karena itu, tenaga pengajar saat ini dituntut
untuk memiliki kemampuan kreatif dan inovatif serta wawasan tentang perubahan
tersebut. Di samping itu, tenaga pengajar juga dituntut untuk memiliki
keterampilan teknis penguasaan teknologi agar dapat melakukan perubahan secara
operasional, dan bersikap positif terhadap teknologi serta perubahannya.
Di samping tenaga
pengajar, pembelajar juga perlu dipersiapkan, begitu juga para administrator
pembelajaran, karena tidak ada perubahan yang terjadi secara isolatif dan dalam
kondisi vakum. Dengan demikian, perubahan budaya pembelajaran yang diakibatkan
oleh pemanfaatan teknologi bukan hanya untuk segelintir orang saja, atau satu
dua komponen saja, namun berlaku bagi semua tatanan sistem pembelajaran, bahkan
sistem pendidikan di suatu institusi pendidikan secara umum. Konsekuensinya,
dampak maupun hasil dari perubahan budaya pembelajaran bahasa asing juga
menjadi milik seluruh pihak yang berkontribusi di dalamnya.
Pemanfaatan
teknologi dalam pembelajaran bahasa asing tanpa sadar telah mengubah kondisi
akademik yang berjalan selama ini. Dengan teknologi ini kondisi-kondisi yang
sifatnya tertutup dan telah menjadi tradisi yang diwariskan secara turun
temurun menjadi tersingkirkan atau bahkan lenyap dan digantingan oleh
kondisi-kondisi yang bersifat transparan, terbuka, serta adanya proses evaluasi
pembelajaran yang berkelanjutan.
G. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis
IT
Dewasa ini,
perkembangan teknologi informasi dan multimedia amat pesat. Dunia cyber sudah
tidak asing lagi bahkan telah menjadi trend dan bagian yang
tak bisa lagi terelakkan dari kehidupan sehari-hari terutama bagi masyarakat
modern. Dalam upaya integrasi antara teknologi (internet) dan pendidikan
(pembelajaran bahasa), tulisan singkat ini akan memberikan informasi bagaimana
pembelajaran bahasa Arab dengan memanfaatkan media internet. Di antaranya
bagaimana cara belajar tata bahasa Arab, dan bagaimana cara peningkatan
kemampuan membaca dan memahami, mendengarkan, berbicara,
sertamenulis.
1. Belajar Tata Bahasa Arab
Untuk mempelajari
tata bahasa Arab, saat ini sudah banyak sekali situs yang secara khusus
menampilkan materi pelajaran bahasa Arab online baik dalam
bahasa Indonesia, Arab, maupun Inggris. Di antara situs yang dapat Anda
kunjungi antara lain:
http://www.drmosad.com/, http://www.schoolarabia.net/asasia/duroos_1_2/arabi_main.htm,http://lexicons.ajeeb.com/intro/mgz01.asp, http://www.fikr.com/freebooks/afghani/index.htm,http://www.mediu.org/eMaahad/eBooks/index.htm, http://www.lughah.uni.cc/,
Selain itu Anda
juga dapat men-download beberapa buku elektronik pembelajaran
bahasa Arab di http://www.iu.edu.sa/ (e-Book Maad Lughoh), diwww.fikr.com atau www.saaid.net (e-Book al-Mujaz
fi Qawa’id al-Lughah al-‘Arabiyyah) atau dapat juga men-download beberapa
materi tata bahasa dalam bentuk file ber-ekstensi doc atau pdf di http://www.fatwa-online.com/downloads/dow002/,http://www.mediu.org/eMaahad/eBooks/Download/index/index.htm, dan sebagainya.
2. Meningkatkan Kemampuan Membaca
dan Memahami
Untuk mendukung
peningkatan kemampuan membaca dan memahami, internet menyediakan bahan-bahan
bacaan yang dapat di-download secara bebas dan gratis selain juga
yang ditampilkan secara online. Atau Anda juga dapat mengunjungi
media masa Arab online sepertihttp://www.alittihad.co.ae/,http://www.elakhbar.org/, http://www.ahram.org.eg/,http://www.alayam.com/, dsb.
Sedangkan untuk
menambah wawasan kosakata istilah ilmiah Anda juga bisa mengunjungi
lembaga-lembaga ilmiah pada http://www.assr.org/. Dengan mengunjungi situs ini, Anda akan
terhubungkan link ke beberapa lembaga yang ada di Arab,
terutama lembaga-lembaga penelitian sosial sains.
Untuk memudahkan
pencarian alamat-alamat site berbahasa Arab dalam berbagai
bidang, Anda juga dapat memanfaatkan program Dalil al-Internet yang
dikeluarkan oleh shamel.net yang dapat Anda download gratis di
alamatwww.shamel.net.
3. Meningkatkan Kemampuan Mendengar
Untuk melatih
kemampuan ini beberapa situs yang dapat dikunjungi antara lain http://www.iiu.edu.my/arabic/rusli/ (untuk mendengarkan beberapa lagu, puisi, pidato, dan
juga percakapan berbahasa Arab),http://www.q8y2b.com/poems/poems.html (Untuk
mendengarkan pembacaan puisi), http://www.omkolthoum.com/ (untuk mendengarkan lagu),http://www.muslimtents.com/muslimguide/11-Audio_Lectures.htm (untuk mendengarkan pidato), dan masih banyak lagi
lainnya.
4. Meningkatkan Kemampuan Berbicara
Untuk menunjang
kemampuan berbicara dalam bahasa Arab, internet menyajikan beberapa situs yang
memuat materi-materi percakapan bahasa Arab secara online, seperti
di situs http://pba.aldakwah.org/. Atau Anda juga dapat mempraktekkan langsung melalui ruang chat dengan mIRC atau Yahoo
Massenger. Jika Anda menggunakan mIRC, konsekuensinya Anda harus menggunakan
transliterasi latin dalam mengungkapkan bahasa Arab, karena kebanyakan di
warnet sekitar kita belum memberikan fasilitas Arabic. Seperti jika
Anda menanyakan kabar, Anda dapat mengetikkan kata: Kaifa Haluk? (bahasa
formal), Izayyak? (Bahasa nonformal). Jika Anda menggunakan
Yahoo Massenger, Anda dapat berhubungan langsung dengan memanfaatkan
fasilitas Call selain juga chatting sebagaimana di
mIRC.
5. Meningkatkan Kemampuan Menulis
Pengasahan
kemampuan menulis dengan memanfaatkan teknologi internet dapat dilakukan dengan
cara banyak membaca berita dan makalah yang disajikan dalam situs-situs
berbahasa Arab kemudian menirukan susunan dan style/gaya bahasa
yang dipergunakan dengan melakukan beberapa modifikasi kalimat. Adapun
aplikasinya dapat dilakukan melalui fasilitas e-mail. Caranya, buatlah surat
Anda dalam bahasa Arab pada Microsoft Word atau sejenisnya dan kirimlah dengan
menggunakan Attachment melalui e-mail Anda. Anda dapat
mengirimkan ke beberapa penulis Arab terkemuka yang mencantumkan alamat
e-mailnya di situs-situs Arab, semisal para pemikir, sastrawan, jurnalis,
pemuka agama dan sebagainya. Atau teman chating Anda yang
berada di sana. Tulislah surat secara rutin, dan jangan pernah putus asa jika
surat Anda tidak dibalas.
D. Penutup
· Sudah seharusnya setiap lembaga pendidikan yang mengajarkan bahasa Arab
harus merubah paradigmanya, dari yang tidak efektif, tidak komunikatif, tidak
kontekstual kepada yang lebih efektif, komunikatif, dan kontekstual
· Materi ajar didesain untuk membentuk
keterampilan berbahasa dan pengetahuan praktis/terapan.
· Tenaga pengajar harus terlatih, tidak
boleh mengajar sebelum memenuhi syarat yang diinginkan lembaga. Maka lembaga
pengajaran harus melakukan seleksi terhadap tenaga pengajarnya.
Daftar
Pustaka
Abdurrahman al – Qadir Ahmad, Thuruqu
Ta’alim al – Lughah al – ‘Arabiyah, Maktabah al – Nahdah, al – Mishriyah, Kaira
; 1979.
Ahmad al – Sya’alabi, Tarikh al –
Tarbiyah al – Islamiyah, Cet. 11, Kaira: tnp., 1961.
Ahmad Syalaby, Ta’lim al – Lughah al
‘Arabiyah lighairi al – ‘Arab, Maktabah al – Nahdhah al – Mishriyah, Kairo ;
1983.
Anis Farihah, Nazhriyaat Hal Lughah, dar
al – Kitab al – Ubnany, Beirut, dar al – Kitab al – Ubnany, 1973.
Ibrahim Muhammad ‘Atha, Thuruqu Tadris al
– Lughah al – ‘Arabiyah Wa al – Tarbiyah al – Diniyah, Maktabah al – Nahdhah al
– Mishriyah, Kairo 1996 M / 1416 H.
Jassem Ali Jassem, Thuruqu Ta’lim al –
Lughah al – ‘arabiyah Li al – Ajanib, (Kuala Lumpur : A.S Noorden, 1996).
Kamal Ibrahim Badri dan Mahmud Nuruddin,
Nadzkarah Asas al – Ta’lim al – Lughah al – ajnubiyah, LIPIA, Jakarta, 1406 H
Muhammad Jawwad Ridla, Tiga Aliran Utama
Teori Pendidikan Islam (perspektif sosiologi-filosofis). P.T Tiara Wacana,
Yogyakarta: 2002.
9.Munir, Nizhamu Ta’lim al – Lughah al – ‘Arabiyah fi al – Ma’had al – Islamiyah, Darul Huda, Skripsi, 1996.
9.Munir, Nizhamu Ta’lim al – Lughah al – ‘Arabiyah fi al – Ma’had al – Islamiyah, Darul Huda, Skripsi, 1996.
Munir M.Ag., Pengajaran Bahasa Arab
Sebagai Bahasa Asing, yang terkumpul dalam buku yang berjudul Rekonstruksi dan
Modernisasi Lembaga Pendidikan Islam. Global Pustaka Utama, Yogyakarta: 2005.
……………, dkk, Rekonstruksi dan Modernisasi
Pendidikan Islam, Global Pustaka Utama, Yogyakarta, 2005.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !