Rencana Kerja Madrasah (RKM) MTs SA AL- IKHLAS Kecamatan Mojosongo Kab.Boyolali Tahun Pelajaran 2012-2014 - .
Headlines News :

PONDOK PESANTREN AL IKHLAS/MTs-SA AL IKHLAS BOYOLALI

Dawar,Manggis,Mojosongo,Boyolali,Jawa Tengah. Telp (0276)320 590 HP: 085642347610
Home » » Rencana Kerja Madrasah (RKM) MTs SA AL- IKHLAS Kecamatan Mojosongo Kab.Boyolali Tahun Pelajaran 2012-2014

Rencana Kerja Madrasah (RKM) MTs SA AL- IKHLAS Kecamatan Mojosongo Kab.Boyolali Tahun Pelajaran 2012-2014

Written By PONDOK PESANTREN AL IKHLAS BOYOLALI.COM on Rabu, 31 Oktober 2012 | 00.20



Rencana Kerja Madrasah (RKM) MTs SA AL- IKHLAS Kecamatan Mojosongo Kab.Boyolali Tahun Pelajaran 2012-2014


KATA PENGANTAR


Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga Buku Rencana Kerja Tahunan Madrasah  (RKTM) MTs SA Al- Ikhlas Kecamatan Mojosongo Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat terselesaikan tanpa halangan yang berarti.
Tujuan penyusunan Rencana Kerja Tahunan Madrasah ini adalah sebagai acuan dalam rangka pelaksanaan program / kegiatan tahunan Madrasah yang pelaksanaannya didasarkan pada keefektifan dan keefisienan memanfaatkan sarana prasarana, pendanaan, dan sumber daya yang ada.
Dapat dipahami bahwa keberhasilan pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) ini sepenuhnya tergantung dari partisipasi aktif para pemangku kepentingan yang terdiri dari Kepala Madrasah, Guru, Karyawan, Orang Tua / Wali, murid dan masyarakat di MTs SA Al – Ikhlas Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali.
Penyusun menyadari penuh bahwa apa yang tersaji dalam buku Rencana Kerja Tahunan Madrasah ini masih banyak kekurangan-kekurangannya, seperti kata pepatah ²Tiada gading yang tak retak². Oleh karena itu, kritik dan saran dari pembaca selalu diharapkan demi kesempurnaan buku ini.
Akhir kata, penyusun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mewujudkan buku Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) ini, khususnya pada seluruh Stakeholder yang terlibat yang telah membantu Madrasah kami dalam hal pelatihan, bimbingan, pembinaan, dan pendanaan sepanjang penyusunan RKTM ini berlangsung. Semoga Allah SWT membalas budi baik kita semua, Amin.


Mojosongo, 20 Oktober 2011.
Penyusun,




KK-RKTM

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah pendidikan sehingga kualitas pendidikan di MTs SA Al-Ikhlas Kecamatan Mojosongo, Kab. Boyolali..
Sejalan dengan tuntutandan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anaknya, Madrasah ini memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasarana keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan Madrasah, peran serta masyarakat dan kemitraan dalam pendidikan, serta lain-lain. Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) agar Madrasah memiliki rambu-rambu yang bisa dijadikan landasan dalam pengelolaan program, implementasi, monitoring, dan evaluasi yang baik, terstruktur dan terukur.
Rencana Kerja Tahunan MTs SA Al-Ikhlas Tahun 2011/2012 ini disusun berdasarkan (1) hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan RKTM tahun 2010-2011, (2) pelaksanaan rencana program dan kegiatan RPM tahun 2010-2014, (3) disesuaikan dengan Permendiknas No. 19/2007 tentang Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM). Berkaitan dengan uraian diatas, maka RKTM ini memuat pendahuluan, profil Madrasah, harapan, tantangan, program kerja tahunan Madrasah, rencana anggaran Madrasah, dan Penutup.

B.     Tujuan Penyusunan RKTM
Pada dasarnya tujuan penyusunan RKTM ini adalah :
1.      Membantu Madrasah dalam membelanjakan anggaran secara bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam satu tahun.
2.      Membantu Madrasah dalam merespon tuntutan partisipasi masyarakat, dan
3.      Membantu Madrasah dalam meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas.
C.     Manfaat RKTM
Manfaat RKTM ini dapat diuraikan sebagai berikut :
1.      Sebagai acuan bagi Madrasah untuk mencapai target-target peningkatan kualitas pendidikan yang akan dicapai dalam jangka pendek,
2.      Dapat digunakan sebagai panduan bagi Madrasah dalam memanfaatkan subsidi baik subsidi dari pemerintah maupun non pemerintah,
3.      Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga Madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, dan
4.      Sebagai tolak ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan di Madrasah.

D.    Landasan Hukum
1.      Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 (pengelolaan dan pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas publik)
2.      Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun
3.      Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dinyatakan bahwa Madrasah/madrasah membuat (1) Rencana Kerja Jangka Menengah yang menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu 4 tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan dan (2) Rencana Kerja Tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah / Madrasah (RKAS/M) dilaksanakan berdasarkan Rencana Kerja Jangka Menengah.
E.     Visi, Misi MTs SA Al-Ikhlas
Pendidikan Dasar 9 tahun merupakan kewajiban seluruh masyarakat untuk mengecap pendidikan 9 tahun yang didalamnya terdapat tingkat SD/MI, MTs / SMP yang merupakan lembaga pendidikan formal untuk mencapai Visi dan Misi Madrasah untuk menjadi dasar pencapaian program madrasah. Adapun Visi dan Misi MTs SA Al-Ikhlas  adalah:
A.     Visi Madrasah
Unggul dalam prestasi, berwawasan lingkungan berdasarkan pada keimanan dan ketaqwaan”.
B.     Misi Madrasah
1.      Terwujudnya pengembangan kurikulum yang adaptif dan proaktif.
2.      Terwujudnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
3.      Terwujudnya lulusan yang cerdas dan kompetitif.
4.      Terwujudnya SDM pendidikan yang memiliki kemampuan dan kesanggupan kerja yang tinggi
5.      Terwujudnya prasarana dan sarana pendidikan yang relevan dan mutakhir
6.      Melaksanakan PBM dengan memadukan antara IMTAQ dan IPTEK

C.      Tujuan Madarsah
1.      Meningkatkan prestasi belajar siswa pada semua bidang studi yang diajarkan di sekolah.
2.      Menumbuh kembangkan sikap dan minat belajar yang tinggi disekolah dan rumah.
3.      Membiasakan siswa sikap berprilaku sopan dan santun dengan teman, guru, dan orang tua baik disekolah maupun dirumah.
4.      Meningkatkan nilai rata-rata rapot siswa minimal 7,00.
5.      Mengupayakan siswa dapat naik kelas 100%.
6.      Meningkatkan UAN/UAS untuk semua mata pelajaran yang diuji.
7.      Meningkatkan kemandirian dan rasa tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler.
8.      Mempersiapkan anak didik untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi.
9.      Menjadi sekolah yang diminati masyarakat.

BAB II
PROGRAM KERJA TAHUNAN MADRASAH (RKTM)



Dalam menyusun program kerja tahunan Madrasah ini meliputi dua kegiatan, yaitu (1) Merumuskan program Madrasah yang dilakukan melalui empat langkah (a) menetapkan sasaran, (b) merumuskan program dan menetapkan penanggungjawab program, (c) menentukan indikator keberhasilan, dan (d) menentukan kegiatan, dan (2) menyusun jadwal kegiatan.
Berdasarkan uraian diatas maka dibawah ini akan diuraikan tentang
1.      Program Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) MTs SA Al-Ikhlas Tahun Pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari sasaran, program, indikator, kegiatan dan penanggungjawab.
2.      Jadwal Kegiatan Rencana Kerja Tahunan Madrasah Tahun Pelajaran 2011/2012.



                                                                                              Kepala MTs SA Al-IKhlas



                                                                                             HIJRAH SAPUTRA,S.Sy, M.Pd.I
                                                                                                           NIM. 121 090 039 001

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

VISI DAN MISI

Mts- SA Al-Ikhlas Dawar Boyolali
VISI: Menjadikan Santriwan dan Santriwati sebagai Generasi Penerus dan Perjuangan dalam menegakkan Agama Islam serta menciptakan santri yang siap terjun ke masyarakat, dan berjuang di Jalan ALLAH SWT. MISI: 1. Menyediakan dan menciptakan generasi penerus dalam memperjuangkan Agama dan bangsa serta negara. 2. Menciptakan para pemuda dan pemudi yang beragama serta bertaqwa. 3. Menciptakan lulusan / alumni pesantren yang siap bersosialisasi langsung dengan masyarakat. 4. Menciptakan para santri yang beriman,taqwa,dan berbudi luhur.

Agungkan AsmaNya

Popular Posts

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template